Mengenal Railling Tangga


Tangga merupakan elemen pergerakan vertikal untuk menghubungkan lantai  ke lantai dalam sebuah bangunan.Tangga merupakan salah satu komponen utilitas yang sangat vital peranannya terhadap fungsi maupun nilai estetika sebuah bangunan.Rumah dan gedung yang indah dan modern akan kehilangan fungsi dan nilai estetika apabila elemen ini tidak di desain secara maksimal.

Salah satu dari komponen tangga yang sangat penting baik fungsi maupun nilai estetika adalah Balustrade dan handrail.Bagi masyarakat awam kedua komponen tersebut lebih dikenal sebagai Railling Tangga.
  • Balustrade dan handrail merupakan dua komponen yang saling bersinergis sebagai alat pengaman tangga yang berada di kiri dan kanan tangga.Balustrade dapat diistilahkan sebagai pagar tangga,sedangkan handrail merupakan pegangan tangan yang biasanya diletakkan di atas balustrade.Keduanya sangat berguna sebagai pembatas ruang tangga sehingga mampu menghindarkan resiko kecelakaan bagi pengguna tangga.
  • Ukuran untuk postur Asia.Standar kenyamanan untuk ketinggian railling tangga adalah: 90 cm(lihat gambar).Adapun nilai kenyaman sebuah handrail/pegangan tangan pada tangga sebaiknya disesuikan dengan anatomi tubuh manusia.
  • Bentuk pegangan tangan. Terdapat beberapa variasi bentuk ; bulat,persegi,persegi panjang.Dari ketiga variasi tersebut,bentuk bulat adalah bentuk yang paling nyaman kerna paling mudah digenggam oleh tangan manusia.Namun demikian ukuran pegangan tangan pun harus menjadi perhatian.Untuk bentuk bulat ukuran diameter biasanya antara 3,8 cm s/d 5 cm.
  • Finishing adalah hal lain yang tidak kalah penting dalam  pemilihan bahan dasar railling tangga.Walaupun dapat menggunakan berbagai macam bahan namun harus diusahakan finishingnya harus tidak licin saat digenggam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar