Galeri Tangga Putar

Tangga Putar atau tangga melingkar merupakan bentuk tangga dengan poros ditengah sebagai pusat lingkaran.Poros ini berfungsi sebagai pusat konstruksi tangga dengan sistem kantilever (gantung).Pada poros ini pulalah salah satu sisi anak tangga melekat sedangkan sisi lainnya bebas.Konstruksi seperti ini disebut sebagai sistem kantilever.

Bentuk poros dapat berupa lingkaran atau segi delapan yang berdiri tegak diatas fondasi yang lebar dan berat agar mempunyai kestabilan dan kekuatan sebagai pendukung anak-anak tangga.
Aplikasi tangga ini cocok diterapkan sebagai tangga pribadi atau tangga
darurat mengingat bentuknya yang kurang nyaman untuk dilalui.Penempatan tangga ini hanya memerlukan ruangan yang tidak terlampau besar dan cenderung tidak mempunyai ruang dibawah tangga.Material yang cocok untuk jenis tangga ini adalah besi walaupun bisa juga menggunakan bahan kayu ataupupn beton.
Menurut arah putarnya,tangga putar dibedakan menjadi 2 : Searah jarum jam dan Berlawanan arah jarum jam.

Tangga melingkar yang menghubungkan beberapa lantai sekaligus dapat divariasikan dengan penempatan border disamping lantai yang dituju.Fungsinya sebagai rest areasekaligus sebagi 'jalan masuk' keruangan yang dituju lantai tersebut.

Berikut contoh gambat tangga putar :

                     


      

   
                   


                   

                    


                                                              




Tidak ada komentar:

Posting Komentar